1

1

kegiatan Sekaten 2012

Posted on
  • Rabu, 18 Januari 2012
  • by
  • senkom solo
  • in
  • Sekaten yang merupakan awal dari kegiatan Grebeg Maulud 2012 akan digelar di Solo, acara ini dilaksanakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Grebek Maulud merupakan bagian dari rangkaian acara Grebeg Keraton yang rutin diadakan pada setiap tahunnya. Grebeg Keraton sendiri merupakan upacara adat di Solo.

    Rangkaian kegiatan Sekaten 2012 ini akan dimulai pada Jumat, 13/1/2012 pukul 19.00 wib di Pagelaran dengan agenda acara Wilujengan dan Pembukaan Perayaan Pasar Malam Sekaten 2012. Pasar Malam Sekaten dan Pameran budaya akan diadakan mulai tanggal 13 Januari s/d 5 Februari 2012 di Alun-alun Utara.

    Sebagai puncaknya Minggu, 5/2/2012 pukul 10.00 WIB akan diadakan Gunungan Grebeg Maulud di pelataran Masjid Agung Solo, dimana sehari sebelumnya (4/2/2012) dilakukan jamasan Pusaka Kanjeng Nyai Setomini di Siti Hinggil Lor Kraton Surakarta. Gunungan yang diperebutkan ada dua yaitu Gunungan laki-laki terdiri dari berbagai macam hasil bumi seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan hasil bumi lainnya dan bentuknya lebih lancip dan gunungan perempuan berbentuk seperti tampah dan berisi makanan seperti rengginan atau makanan yang terbuat dari nasi kering. Gunungan merupakan simbol dari manunggaling kawula gusti di mana seorang raja harus memperhatikan rakyatnya dengan membagi-bagikan hasil bumi. Karena itu, acara ini juga bisa diartikan sebagai kemakmuran. Sebelumnya, tumpeng gunungan Sekaten diarak terlebih dahulu dari Keraton Surakarta menuju halaman Masjid Agung Solo untuk didoakan.

    sumber:surakarta.go.id

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 SENKOM SOLO by GIYANTO JAYA
    Sponsored by : AKMAL. AR